Post

HEBATNYA PUSTAKAWAN/PENGELOLA LAYANAN PERPUSTAKAAN UMUM

10 Agustus 2017

HEBATNYA PUSTAKAWAN/PENGELOLA LAYANAN PERPUSTAKAAN UMUM

Suasana stock opname

 Stock opname merupakan bentuk kegiatan untuk melakukan penghitungan ulang koleksi perpustakaan dan bertujuan untuk mengetahui keadaan koleksi bahan pustaka yang ada di perpustakaan; mengetahui jumlah buku (judul/eksemplar) koleksi bahan pustaka menurut golongan klasifikasi dengan tepat; menyediakan jajaran katalog yang tersusun rapi yang menandakan kondisi koleksi bahan pustaka; untuk mengetahui dengan tepat bahan pustaka yang belum di terdaftar OPAC (Online Public Access Catalog); untuk mengetahui bahan pustaka yang dinyatakan hilang; serta untuk mengetahui dengan tepat kondisi bahan pustaka, apakah dalam keadaan rusak atau tidak lengkap.

Pustakawan/pengelola di layanan perpustakaan umum di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan sampai saat ini masih melaksanakan kegiatan stock opname sejak dari bulan lalu (Juli) hingga bulan ini (Augustus) 2017. Kegiatan ini membutuhkan energi dan tenaga yang cukup besar serta kondisi fisik yang prima.

Hebatnya Pustakawan/Pengelola Layanan Perpustakaan Umum, tetap memberikan pelayanan kepada pemustaka selama kegiatan ini, walaupun kegiatan tersebut mengurangi kenyamanan bagi pustakawan/pengelola perpustakaan juga bagi pemustaka/pengguna perpustakaan. Mengapa dikatakan “HEBAT”, karena kegiatan perpustakaan yang sedang melakukan stock opname biasanya tidak membuka layanan koleksinya secara open access untuk sementara. Namun ada juga perpustakaan yang menerapkan tutup selama kegiatan stock opname berlangsung.

Contohnya saja pada perpustakaan universitas, stock opname dilakukan saat libur semester ketika kecenderungan pengunjung untuk datang ke perpustakaan hampir tidak ada. Sementara perpustakaan tetap buka bagi pemustaka yang sedang mengerjakan skripsi. Rak koleksi yang sedang dilakukan stock opname biasanya ditutup atau diberi tanda dilarang masuk. Sehingga untuk bisa mengambil koleksi pemustaka harus meminta bantuan pustakawan.

Kegiatan stock opname diharapkan dapat rampung pada akhir Tahun 2017, sehingga Layanan Perpustakaan Umum Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2018 mampu meningkatkan pelayanan bagi pemustaka/pengguna perpustakaan.

 



Tags:

Comment (0)

Leave a Comment