Post

Sosialisasi Pergub Pemusnahan Arsip dan Bintek JRA di Hotel Ramedo

10 Agustus 2017

Sosialisasi Pergub Pemusnahan Arsip dan Bintek JRA di Hotel Ramedo

Sosialisasi Pergub Pemusnahan Arsip di Ramedo Hotel

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan mengadakan Sosialisasi Peraturan Gubernur Nomor 59 Tahun 2016 tentang Petunjuk Teknis Pemusnahan Arsip dan Bimbingan Penyusunan JRA, di Hotel Ramedo, Jalan Landak baru 112 Makassar, dari tanggal 7 – 9 Agustus 2017.  Kegiatan ini diikuti oleh 75 peserta dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dan dari Lembaga Kearsipan Daerah  Kabupaten/ Kota.

Acara Sosialisasi dan Bimbingan Teknis dibuka secara resmi oleh Kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan, Drs. H. Abdul Rahman MM. Narasumber atau pembicara dalam kegiatan ini, selain dari pejabat Dinas Perpustakaan dan Kearsipan sendiri, juga ada ibu Dra. Yosephine Hutagalung, MAP., dari Arsip Nasional RI. Adapun tujuan utama Sosialisasi Peraturan Gubernur ini adalah untuk meningkatkan pemahaman terhadap Peraturan Gubernur Nomor 59 tahun 2016 sebagai dasar pelaksanaan pemusnahan arsip secara benar dilingkup OPD Provinsi Sulawesi Selatan. Diharapkan juga kepada para pencipta arsip, lembaga kearsipan dan pejabat yang bertanggungjawab dapa melakukan pemusnahan arsip sesuai dengan kaidah kearsipan dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Menurut ketua panitia pelaksana, Sherley R. Lobo S.Sos (Kepala Seksi Pembinaan Kelembagaan  Kearsipan pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan),  selama ini terjadi kontradiksi pada perkantoran pemerintah, karena banyaknya arsip yang semakin lama semakin menumpuk karena tidak adanya pemusnahan, disisi lain, sering terjadi pemusnahan arsip yang tidak procedural, yaitu pemusnahan yang tidak mengacu pada peraturan perundang-undangan yang berlaku. Oleh karena itu maka perlu disosialisasikan Peraturan Gubernur yang menjadi Petunjuk Teknis pemusnahan arsip.

Sementara itu, bimbingan teknis penyusunan Jadwal Retensi Arsip juga dianggap penting bagi Lembaga lembaga pemerintah terutama Lembaga Kearsipan Daerah Kabupaten/Kota. Diharapkan dengan adanya bimbingan teknis ini, setiap Lembaga dapat menyusun Jadwal Retensi Arsip masing masing lembaganya, sehingga tercipta JRA pada semua Lembaga pemerintah, sesuai dengan amanah Undang Undang Nomor 43 tahun 2009 tentang Kearsipan.  



Tags:

Comment (0)

Leave a Comment