Post

Workshop Pedoman Pengatalogan Deskriptif Berbasis Resource Description & Access RDA

15 Agustus 2018

Workshop Pedoman Pengatalogan Deskriptif Berbasis Resource Description & Access RDA

Resource Description And Access (RDA) adalah standar deskriptif baru yang akan menggantikan Anglo American Cataloguing Rules (AACR2) untuk memudahkan pemustaka dalam penelusuran katalog secara cetak dan online, dan memudahkan pustakawan dalam membuat katalog koleksi perpustakaan secara online. Sasaran yang diharapkan menggunakan RDA antara lain perpustakaan nasional, perpustakaan umum, perpustakaan khusus, perpustakaan perguruan tinggi, perpustakaan sekolah,organisasi profesi dan perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan perpustakaan. Untuk itulah Perpustakaan Nasional R.I. melaksanakan Workshop Pedoman Pengatalogan Deskriptif Berbasis Resource Description & Access (RDA) bagi Pejabat Fungsional Pustakawan di Sulawesi Selatan.

Workshop Pedoman Pengatalogan Deskriptif Berbasis Resource Description & Access (RDA) ini dilaksanakan hari Selasa, 14 Agustus 2018 bertempat di Gedung Eks Perpustakaan Multimedi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Sulawesi Selatan. Peserta yang hadir sebanyak 50 orang terdiri dari Pejabat Fungsional (Pustakawan) Perpustakaan Umum Prov/Kab/Kota; Pustakawan Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta serta perpustakaan instansi pemerintah yang ada di Sulawesi Selatan.

Workshop ini dibuka secara resmi oleh Deputi I Perpusnas RI Dra. Ofy Sofiana, M.Hum, dalam sambutannya mengharapkan pustakawan dapat menyediakan akses seluas-luasnya kepada pemustaka untuk dapat mendayagunakan koleksi perpustakaan, salah satunya dengan menggunakan Resource Description and Access (RDA), karena lebih berorientasi pada pemustaka dalam menelusur informasi dan memberikan kemudahan akses informasi melalui pentautan (link). Pada kesempatan yang sama Bapak Hasan Sijaya (Ka. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Prov. Sulsel) memberikan sambutan akan bertekad meningkatkan grit perpustakaan provinsi salah satunya dengan mewujudkan kembali Layanan Perpustakaan Multimedia yang memiliki aneka ragam koleksi (naskah, gambar, kaset, film, foto, slide, dan media lainnya).



Tags:

Comment (0)

Leave a Comment