Spot Foto Keren Air Terjun Tama’lulua di Jeneponto

Berwisata adalah salah satu hobi seluruh orang kala masuk situs slot resmi weekend dan hari libur. Indonesia termasuk negara yang sering dikunjungi oleh wisatawan mancanegara karena terkandung banyak sekali tempat wisata terlebih yang bernuansa alam. Tempat-tempat wisata alamnya tersebar di seluruh wilayah, salah satunya adalah Air Terjun Tama’lulua.

Air terjun tersebut berada di tanah Sulawesi Selatan. Belum banyak wisatawan yang mengenal nama air terjun ini karena pihak pengelolanya bukan dari pemerintah setempat, melainkan dari masyarakat yang tinggal di lebih kurang lokasi. Meski begitu, eksotisme air terjun terpancar dari panorama air terjun itu sendiri dan termasuk panorama alam di sekitarnya.

Pecinta wisata alam bakal terlalu termanjakan kala berkunjung ke Air Terjun Tama’lulua nan cantik ini. Bagaimana tidak, dari sekian banyak air terjun yang ada di Indonesia, air terjun di Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan tersebut termasuk salah satu air terjun yang menyuguhkan panorama seperti lukisan alam yang terwujud dalam nyata dan tidak kalah indahnya dari air terjun di luar negeri.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Air Terjun

Lokasi Air Terjun Tama’lulua berada di lokasi Sulawesi Selatan, tepatnya Kabupaten Jeneponto. Dari pusat kota, wisatawan bisa menempuh perjalanan ke lokasi air terjun yang terdapat di kawasan Kecamatan Rumbia, Desa Ramba ini tidak cukup lebih 30 km. Untuk bisa hingga di kota Jeneponto, wisatawan bisa berangkat dari pusat kota Makassar lebih kurang 3 jam perjalanan.

Rute yang bisa dilalui adalah lewat Kabupaten Gowa, Takalar, selanjutnya Jeneponto. Sesampainya di kota Jeneponto, wisatawan bakal mendapatkan patung kuda berukuran besar selanjutnya belok ke arah kiri.

Selanjutnya, wisatawan bisa masuk ke arah Jalan Kelara. Dari jalur tersebut, wisatawan perlu sementara lebih kurang 30 menit untuk hingga di Desa Rumbia.

Perjalanan dilanjutkan dari jalur poros yang ada di Desa Rumbia ke tempat parkiran Air Terjun Tama’lulua lebih kurang 5 menit saja. Dan untuk bisa hingga di air terjunnya, wisatawan harus trekking tidak cukup lebih 1 jam.

Disana wisatawan tidak hanya bisa nikmati keindahan bukit Bossolo dan air terjun saja, tetapi termasuk bisa berkunjung ke Goa Bossolo yang ada di dekatnya.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam

Sampai di tempat parkir kawasan air terjun, wisatawan bakal dikenakan biaya parkir Rp 2.000 bagi yang pakai kendaraan roda dua.

Sementara itu, untuk kendaraan roda empat biaya parkirnya adalah Rp 5.000. Apabila wisatawan mengidamkan mencoba hingga ke basic air terjunnya, wisatawan harus menuruni tempat perbukitan tidak cukup lebih 500 meter.

Untuk menuju ke air terjun, wisatawan dipungut biaya sebesar Rp 7.000 yang udah termasuk duwit parkir dan tiket masuk.

Karena fasilitas di kawasan wisata ini belum terlalu lengkap, agar pungutan biaya tersebut nantinya bakal digunakan sebagai dana pengelolaan kawasan air terjun agar fasilitas ke depannya lebih baik lagi.

By admin

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *