Inilah 5 Universitas Swasta Jurusan Agribisnis Terbaik

Inilah 5 Universitas Swasta Jurusan Agribisnis Terbaik

Inilah 5 Universitas Swasta Jurusan Agribisnis Terbaik – Saat ini, jurusan Agribisnis telah banyak diminati oleh para calon mahasiswa. Dengan alasan mempunyai obyek dambakan meningkatkan kualitas pertanian di Indonesia atau mengincar prospek kerja lainnya. Tidak hanya negeri, universitas swasta jurusan Agribisnis telah banyak yang terakreditasi A.

Indonesia termasuk negara agraris yang mempunyai banyak komoditas pertanian. Lulusan dari Fakultas Pertanian amat dibutuhkan untuk bisa memajukan kualitas sektor pertanian di Indonesia, salah satunya dari program studi Agribisnis.

Seiring pertumbuhan zaman, sektor pertanian tidak boleh tertinggal. Sehingga, salah satu peran lulusan jurusan Agribisnis yaitu mengenalkan cara mengelola lahan pertanian secara modern.

Inilah 5 Universitas Swasta Jurusan Agribisnis Terbaik

Ketika memutuskan untuk kuliah di perguruan tinggi swasta, kamu sebaiknya melihat akreditasi jurusannya terlebih dahulu, lantas akreditasi instansinya. Setiap prodi yang punya akreditasi berbeda, biasanya mempunyai layanan pendidikan dan prestasi yang berbeda pula, meskipun di satu universitas yang sama.

1. Universitas Medan Area (UMA)

Universitas swasta ini berada di Medan dan mempunyai dua universitas yang letaknya berbeda. Lima dari dua puluh program studi di universitas ini telah terakreditasi A, salah satu yang terakreditasi A yaitu prodi Agribisnis. Akreditasi prodi lainnya biasanya B.

Banyak prestasi yang telah diraih oleh Universitas Medan Area. Beberapa di antaranya yaitu telah melaksanakan sistem akreditasi laboratorium dari SNI ISO/IEC, meraih peringkat akreditasi A untuk Perpustakan th. 2019, pendapat penghargaan sebagai universitas Sehat dari Kopertis Wilayah I th. 2015, dan tetap banyak lagi.

UMA juga telah bekerja serupa dengan banyak pihak seperti BUMN/BUMD, perusahaan swasta, instansi pemerintahan, dan perguruan tinggi dalam dan luar negeri. Sudah banyak layanan yang tersedia yang bisa membantu sistem pembelajaran dan kenyamanan mahasiswa.

2. Universitas Muhammadiyah Malang

Universitas swasta dengan jurusan Agribisnis ke dua yang telah terakreditasi A yaitu Universitas Muhammadiyah Malang. Program studi di universitas swasta ini sesungguhnya telah banyak yang terakreditasi A. Secara institutnya pun universitas ini telah terakreditasi A sejak lama.

Kalau kamu kuliah agribisnis di sini, kamu bakal mempelajari hard skill dan soft skill di bidang ekonomi pertanian, manajemen agribisnis, serta sosiologi dan penyuluhan pertanian. Sudah banyak alumni jurusan Agribisnis dari universitas ini yang bekerja di beragam bidang pertanian, konsultan, pengajar, apalagi di instansi keuangan.

Baca Juga: Informasi Lengkap Seputar Kuliah Jurusan PAI

3. Institut Pertanian Stiper (Instiper)

Selain di universitas, kamu juga bisa kuliah jurusan Agribisnis di institut pertanian. Kalau kamu belum tahu, perbedaan universitas dan institut itu dicermati dari type perguruan tingginya. Universitas adalah perguruan tinggi yang mempunyai banyak rumpun cabang ilmu, seperti hukum, teknik, sains, sosial, dan lain sebagainya.

Sedangkan institut lebih fokus ke satu cabang ilmu. Misalnya institut pertanian, fakultas yang tersedia hanya yang terkait dengan pertanian atau sains lainnya. Jurusan Agribisnis di Instiper telah terakreditasi A dengan beragam layanan pembelajaran yang bisa mengembangkan potensi para mahasiswa.

4. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)

Salah satu universitas swasta ternama di Yogyakarta, nih. Kalau kamu senang kuliah di Jogja dengan jurusan Agribisnis, kamu bisa memilih UMY. Universitas yang didirikan pada th. 1981 ini telah terakreditasi A untuk instansi kampusnya. Jurusan Agribisnis di UMY termasuk jurusan yang telah terakreditasi A juga.

UMY mempunyai visi misi untuk unggul dalam penguasaan IPTEK yang bakal membantu peningkatan sistem pendidikan jurusan Agribisnis disertai dengan budi pekerti yang Islami. Pengembangan agribisnis bakal dicapai bersama komitmen Islam. Selain itu, juga menghasilkan lulusan yang berkompeten dan punya daya saing di dunia kerja.

Proses pembelajaran di UMY berdasarkan kurikulum pendidikan tinggi yang telah cocok dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) yang merupakan standar nasional pendidikan tinggi.

5. Universitas Janabadra Yogyakarta

Masih di Yogyakarta, universitas dengan jurusan agribisnis terakreditasi A lainnya di kota Pelajar ini yaitu Universitas Janabadra Yogyakarta. Universitas ini mempunyai visi misi untuk menghasilkan sumber daya manusia yang punya jiwa kewirausahaan di bidang agribisnis dengan etos kerja yang tinggi.

Tidak hanya itu, Universitas Janabadra dalam pendidikannya di bidang agribisnis turut serta dalam mengembangkan dan menerapkan pengetahuan teknologi untuk meningkatkan kualitas pertanian berkelanjutan, kedaulatan pangan di Indonesia, dan kesejahteraan masyarakat.

Berupaya untuk menghasilkan lulusan yang berjiwa kewirausahaan dalam bidang agribisnis, beragam soft skill, dan punya agility untuk hadapi beragam perubahan di jaman industri 4.0 ini.

Prospek Kerja Lulusan Agribisnis

Prospek kerja lulusan Agribisnis itu luas dan bisa bekerja di beragam lembaga. Contohnya jadi ASN, bekerja di BUMN, instansi swasta industri pangan, perusahaan perkebunan Agroindustri, peneliti atau pendidik, agrotechnopreneur, dan organisasi nirlaba.

Sebagai cara awalnya, kamu memantapkan diri untuk memilih kuliah di universitas swasta jurusan Agribisnis mana yang kamu inginkan. Universitas swasta di atas termasuk universitas swasta yang bagus, lho.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *